Minggu, 20 November 2016

MOTOR DESEL 2 TAK

MOTOR DESEL 2 TAK

MOTOR DIESEL 2 TAK
MOTOR diesel dynamis pada umumnya memakai motor diesel 4 Tak , namun ada pula motor diesel 2 tak terutama motor type statis. Prinsip kerjanya sama dengan motor bensin 2 tak, yaitu dengan 2 gerakan piston menghasilkan 1 X tenaga. MOTOR DIESEL 2 Tak Dibedakan Atas Beberapa Kontruksi / Model Yaitu :
1. MOTOR DIESEL 2 Tak Sistim Karter Sebagai Pompa Bilas.
2. MOTOR DIESEL 2 tak sistim Pompa bilas Tersendiri
3. MOTOR DIESEL 2 Tak sistim Pompa bilas Dengan Katup Buang.

1. MOTOR DIESEL 2 TAK sistim Karter Pompa bilas .
MODEL konstruksinya Sama dengan motor bensin 2 TAK, hanya pada1 kepala silinder terletak menyemprot ( pada motor bensin terdapat busi ) dan kepada karter sebagai pintu masuknya udara katup katup ( pada motor bensin dilengkapi karburator ) . Silinder dilengkapi pintu buang dan pintu bilas , hanya , dengan gerakan naik turun piston ini terbuka dan tertutup. Letak pintu buang lebih besar dan agak ke atas dari pintu bilas . Hal ini dimaksudkan agar proses buang dahulu terjadi, baru disusul proses bilas ( lihat gambar) .

Cara kerjanya :
Tak 1 di dalam silinder : misal piston bergerak daRi TMB ke TMA untuk mengadakan kompresi Udara.
DIDALAM CARTER : Terjadi pembesaran Ruangan. Udara terisap lewat klep masuk ke Ruang Karter.
MAKA :
- PINTU buang dan pintu Bilas tertutup bidang piston.
- Kruk As Berputar 1/2 putaran (0° — 180°).
- pada kompresi ini udara yang1 dikompresikan bersuhu tinggi.

TAK 2 Di Dalam Silinder : Gerakan piston Dari TMA Ke TMB, Piston Mendekati TMA. Bahan Bakar Disemprotkan, tterjadilah tenaga Menekan PiSton ke TMB.
DIDALAM CARTER : Gerakan PiSton menuju TMB, merubah tekanan Udara yang Berada Diruang Karter.
MOTOR DIESEL 4 TAK DENGAN KARTER SEBAGAI POMPA BILAS.
Add caption
MOTOR DIESEL 4 TAK DENGAN KARTER SEBAGAI POMPA BILAS.MOTOR DIESEL 2 TAK DENGAN POMPA BILAS
1. PENGABUT
2. PINTU BILAS
3. SALURAN BILAS
4. PINTU BUANG
5. KOMPRESOR
6. SALURAN UDARA
Add caption
MOTOR DIESEL 2 TAK DENGAN POMPA BILAS
1. PENGABUT
2. PINTU BILAS
3. SALURAN BILAS
4. PINTU BUANG
5. KOMPRESOR
6. SALURAN UDARA

MAKA :
- Pintu Buang Terbuka , Terjadilah Pembuangan.
- Pintu Bilas Terbuka terjadi pengisian udara yang telah mempunyai tekanan, Memasuki Ruang Silinder.
- KRuk As Berputar 1/2 putaran ( 180° — 360° ).
Proses Selanjutnya Kembali Lagi Pada Tak ke - 1.
Add caption

SikLus Gerakan :

Tenaga untuk menggerakan piston menuju TMB. Sedang proses selanjutnya sama dengan motor diesel 2 Tak dengan Sistim Karter Sebagai Pompa Bilas .
Tak ke 2 : Piston Berherak Dari TMB Ke TMA .
- Piston Bergerak dari TMA Ke TMB diAtas Piston ( Ruang Silinder ) terjadi pembilasan dan pembuangan. Ada keuntungan pada model ini, karena udara dibilas dimasukan oleh Compresor. Kenungkinan pembilasan Sangat Baik , Gas Bekas Akan Terbuang Habis .
- Sewaktu Gerakan Piston Menuju TMA , Yang Mulai Tertutup Adalah Pintu Bilas, Disusul Pintu Buang
- Pada Akhir Kompresi Udara Mencapai Suhu + 600 °c.
- PROSES SELANJUTNYA KEMBALI KE TAK 1.

2. MOTOR DIESEL 2 TAK DENGAN POMPA BILAS DAN KATUP BUANG.
Bentuk Konstruksinya Agak Berbeda Dengan 2 Jenis Di Atas. Pada silinder terdapat hanya lubang lubang bilas saja ( Terpasang 2 Buah ) yang saling berhadapan. Pintu pintu bilas ini dihubungkan pada sebuah pompa kompresor udara. Kepala Silinder Dilengkapi is Lubang buang dengan katup Buang Yang Digerakan oleh HuBungan Ke Kruk As Begitu Pula Kompresor Udaranya ( lihat gambar ).

Ke untungan : Pembilasan terjadi dengan sistim Langsung , artinya pembuangan bergerak dari bawah ke atas.

Cara Kerjanya :
TAK KE 1 :
Proses Kompresi Piston Bergerak Dari TMA ke TMB .
MISALKAN : Piston mengadakan proses kompresi ( Dari TMA Ke TMB ), Sesudah Piston Bergerak 48° Kruk As , Pintu Bilas Tertutup Oleh Piston. Lubang buang ditutup Oleh pintu Buang ( Klep Buang ) Maka terjadilah Proses Kompresi, tekanan udara dan suhunya pun meningkat.

TAK KE 2 :
Proses Kerja Gerakan Piston Dari TMB ke TMA .
Sebelum Piston Mendekati TMA, Terjadilah Penyemprotan Bahan Bakar yang dihamburkan ke Udara Bersuhu tinggi. Timbullah Pembakaran Disususl Oleh Tenaga Pendorong Piston Menuju TMB.
- sebelum piston mendekati TmB, 95° Kruk As Dari TMA Pintu Buang Sudah Terbuka ( katup Buang Membuka ) . Bahan Bakar bekas Dengan Sendirinya Terbuang.
- Proses Selanjutnya pintu bilas terbuka untuk mengadakan pemasukan udara keruang silinder. Jelaslah disini pembuangan gas lebih baik .

KARBURATOR MOTOR DIESEL 2 TAK :
1. Terjadi pengisian yang singkat, sehingga udara yang masuk sedikit sekali.
2. Gerakan Buang terjadi Dengan Singkat, Sehingg Gas Buang Tidak terbuang Seluruhnya.
3. Pemakain Bahan Bakar Boros
4. Konstruksi Cukup Berat Dan Besar, tidak sebanding dengan tenaga yang dihasilkannya.
5. Pada umumnya harus memakai pemanas busi pijar.

KE UNTUNGANNYA :
1. Konstruksi Motor Sederhana Dan Gangguan Sanger Kecil .
2. Pemeliharaan Mudah (Sederhana)
3. Penggunaan Bahan Bakar Murah ( ada Motor diesel 2 TAK dengan bahan Bakar Minyak tanah / Kerosine).

3. MOTOR DIESEL 2 TAK DENGAN POMPA BILAS TERSENDIRI .
Konstruksinya adalah Sebagai berikut ( lihat Gambar ) :
- Ruang Carter Tidak Berfungsi. Pengisian Udara melalui Ruang Bilas , dihubungkan ke Kompresor Udara Yang Disebut Pompa Bilas Udara.
Pompa ini digerakan karena adanya hubungan putAran Dari kruk as Motor tersebut.

Ke Untungannya :
Udara Pembilas ( Melalui Lubang Bilas ) Terjamin. Pengisiannya Cukup Karena Diatur Oleh Kompresor Dan Suhu Udara Cukup Teratur sebab sebelum Diisikan Lewat Pintu Bilas terlebih Dahulu Di dinginkan OLEH radiator .
Dengan adanya pengisian udara yang teratur, memungkinkan menghasilkan tenaga yang besar. Tetapi harus diperhatikan bahwa udara yang dimasukan ke dalam kompresor Harus di Saring ( air Filter ) Supaya Peralatan Kompresor tidak Mengalami gangguan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar