Minggu, 20 November 2016

KONTRUKSI POMPA INJEKSI ( IN - LINE TYPE )

KONTRUKSI POMPA INJEKSI ( IN - LINE TYPE )

KONTRUKSI POMPA INJEKSI ( IN - LINE TYPE )
Add caption

Keterangan

1. DELIVERY VALVE HOLDER
2. VALTE SPRING
3. DELIVERY VALVE
4. PLUNGER
5. CONTROL RACK
6. CONTROL PINION
7. PLUNGER SPRING
8.TAPPET
9. CAM SHAFF
10. FELT PLATE PLUG

CARA KERJA :
Motor bergerak memutarkan krankshaf - gear selanjutny menggerakan Cam shaf injection gear, sehingga tapper bergerak naik turun untuk menggerakan plunger. Plunger mendorong bahan bakar yang dialirkan dari friming pump . Saat plunger kembali ( posisi turun ) .B.B yang telah ditekan tidak mengadakan gerak hisap (kembali ke plunger) sebab dilengkapi DELIVERY Valve beserta spring. Gerakan penekanan ini disalurkan ke setiap Nozle / pengabut sebesar + 110 kg / cm Persegi.
Apabila putaran pedal gas ditekan dengan cara injeksi vacum. Membran mengadakan gerakan vacum selanjutnya membawa tuas Control Rack sehingga volume penekanan B.B. yang dikirim ke pengabut bertambah besar. Akibatnya putaran motor menjadi cepat begitu pula saat injakan pedal gas dikurangi, ke Vacumman pun berkurang pada ruang vacum yang diakhirinya membran kembali lagi pada posisi semula. Untuk mengembalikan posisi kontrol Rack, posisi Plungerpun mengadakan penekanan bahan bakar sedikit ( motor berputar rendah). Cara kerja diatas adalah sistem vacum , sedang jenis lainnya yaitu model regulator ( ingat alat sentrifugal pada distributor ). Untuk model ini akan diterangkan secara tersendiri. Setiap pompa INJECTOR dilengkapi Plat Nomor yang berguna untuk mempermudah pengenalan pompa tersebut.
Dibawah ini adalah salah satu Contoh Kode Pompa INJECTOR :
ND - P - E - S - 6A - 70 - B - 3 - 12 RS 75
Artinya :
1. ND = Pabrik pembuatnya NIPPON DENSO
2. P = Pompa Injeksi bahan bakar
3. E = Pompa injeksi menggunakan Camshaft
4. S = Terdapat Plens Pada Rumah Pompa
5. 6A = Jumblah elemen Plunger 6 Buah
6. 70 = Diameter Plunger ( 700 mm = 7 cm)
7. B = type dengan model
8. 3 = Tanda Pada Ujung kiri CamShaft
4 = Tanda Pada Ujung kanan Camshaft
9. 1 = Governor dipasang dikiri Pompa
2 = Governor dipasang dikanan Pompa
10. 0 = Tampa timer
1 = Timer dikiri pompa
2 = Timer dikanan pompa
11. R = Berputar ke Kanan
L = Berputar ke kiri ( dilihat samping pengemudi )
12. RS = Nomor Model.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar