Senin, 21 November 2016

AS DIFERENSIAL DAN KELENGKAPANNYA

AS DIFERENSIAL DAN KELENGKAPANNYA



c. Jenis Universal kopling (hubungan universal)
Jenis ini sekarang tidak dipergunakan, tetapi untuk model kendaraan roda depan sebagai prnggerak kendaraan memakai jenis ini.
Bentuk as differensial : .
As diferensial dibedakan dalam dua macam konstruksi, antara lain : ‘
a. As diferensial terbuka (Hot Kiss drive)
Jenis ini dipakai untuk kendaraan beban besar, kOnstruksinya di buat sedemikian rupa. Sewaktu mengadakan perubahan panjang/karena gerakan kendaraan (bergetar) maka dapat dilengkapi sambungan yang dapat merubah panjang as, untuk ini as yang satu dapat bergeser memendek dan memanjang pada as kedua. Jadi pada as ke satu dibuat saluran uliran untuk gerakan perubahan panjangnya as kedua (lihat gambar).
Dikarenakan pada kendaraan besar as diferensial terlalu panjang sehingga membahayakan pemindahan puntiran (terjadi patah as). Untuk menghindarkannya maka dilengkapilah ayunan berupa baut U (pengikat as ke rangka yang pendek).
b. As diferensial tertutup (Torque Tube Drive)
As diferensial tertutup adalah as yang bersenyawa dengan pignion atau pigmen yang mempunyai as yang panjang. As ini diselubungi dengan pipa torsi salah satu ujungnya senyawa dengan as diferensial/jembatan belakang, agar pipa ini tidak melengkung maka dipasanglah penyokong. Konstruksi bentuk ini hanya mempunyai kopling 1 buah yang terdapat pada uJUnG AS diferensial.
PEMASANGAN DIFERENSIAL.
PEMASANGAN AS DIFERENSIAL DG KOPLING .
Pemasangan Kopling Pd As Diferensial Harus Sejajar Letaknya Apabila Hal Ini Diabaikan Dapat Mengakibatkan Getaran Yg Tdk Normal Pd Tuas Transmisi , Kemungkinan Lain Kopling Lekas Menjadi Rusak . Segera Ganti Apabila As Diperensial Melengkung / Bengkok , Sebab Mengakibatkan Getatan Yg Besar , Yg Dapat Memperpendek Umur Kopling As Diferensial.
Gangguan” Kopling As Diferensial :
a. Kendaraan Berjalan Terasa Ada Hentakan / Memukul” ( Terutama Saat Permulaan Berjalan ), Gemuk Setiap 3000 KM Berjalan.
b. Memberikan Suara Mencicit Sewaktu Berjalan , Kruis Kopling Kurang Pelumasan / Gemuk (Bentuk Kruis Kopling ).
c. Karet Kanvas Kopling Flexibel Sibek.
d. Tuas As Transmisi Mengadakan Getaran Yg Tdk Normal Disebabkan Pemasangan Kopling DG As Diferensial Tdk searah.
Jenis Universal.
Bag – Diikat.
Maching the1 grease fiting an arrow marks
3-4 Water1 Drain Plug
Bad- Diikat
KONTRUKSI DIFERENSIAL.
KET.
1. Rumah As Belakang.
2. Sumbat Udara.
3. Sumbat Pengisi.
4. Gasket diferensial Carier.
5. Sumbat Pembuangan Sub Assy.
6. Mur.
7. Plate Wadhe.
8. Drive Pinion Companion Plate.
9. Pencegah Debu.
10. Perapat Oil Type I
11. Bantalan.
12. Shim
13. Diferensial Carrier.
14. Tutup Diferensial Carier.
15. Bantalan Spacer Diferensial Drive Pinion.
16. Bantalan.
17. Shim.
18.
19. Gigi Ring Diferensial.
20. Bak Diferensial.
21. Plat Pengunci Baut Set Gigi Ring.
22. Bantalan Rol Terus.
23. Mur Penyetel Bantalan Diferensial.
24. Mur Pengunci Stelan Bantalan Diferensial.
25. Thrust Washer Diferensial Al Side Side Gear.
26. Diferensial Side Gear.
27. Pinion Diferensial.
28. Thrust Waher Pinion Diferensia.
29. Poros Pinion Diferensial.
30. Pin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar