Senin, 21 November 2016

7. AS RODA DEPAN DAN KELENGKAPANNYA :

7. AS RODA DEPAN DAN KELENGKAPANNYA :

KONTRUKSI AS RODA.
7. AS RODA DEPAN DAN KELENGKAPANNYA :
Fungsi : Tempat Duduknya RODA Depan Dan Sebagai Kelengkapan Pesawat Kemudi
Syarat” Roda Depan :
1. Roda Depan Harus Dapat Berada dalam sikap tertentu akhirnya ban gugusnya harus rata.
2. Roda Depan harus mudah di kemudikan Dan di belokan.
3. Kelengkapan Pegas dan RODA tdk boleh mempengaruhi pengemudian.
4. Pada saat pengereman tdk banyak mempengaruhi roda depan.
5. Roda Depan harus m3njejak pd permukaan jalan DG Baik.
KONTRUKSI DI BEDAKAN ATAS :
1. AS DEPAN BENTUK KAKU :
TDK Dapat Berputar , Diujung Ujungnya Terdapat duduknya roda depan. Digunakan Untuk Kendaraan angkutan seperti , Bis dan truk DG Bentuk Kontruksi :
KONTRUKSI AS DEPAN BENTUK KAKU :
a. As Depan Bentuk Canggqh Sedang.
As Roda Depan Bentuknya Tinju. Pemasangan Antara kedua As dilengkapi Oleh KING PiN (PEN FUSE) Sedang Kelengkapan Dari Roda Depan Dipasang Lengah Kemudi. JADI Berengsel Membawa Roda Depan Saat Membelok.
b. AS DEPAN MEMBENTUK TINJU , SEDANG AS RODA MEMBENTUK CANGGAH , DALAM HAL INI KONTRUKSI PEMASANGAN PEN FUSE SAMA DG BENTUK DIATAS.
KEBURUKANNYA :
Ketika Kendaraan Berjalan Melalui Jalan YG tdk Rata , Maka Getarnya Mempengaruhi Letak Rotor.
AS DEPAN BENTUK MERDEKA.
Gangguan Gangguan Bentuk As Depan Kaku :
1. Bosh Perunggu Pd Pen Fuse Telah Gugus Dapat Mempengaruhi Pengendalian Kemudi / Stir Goyang.
2. Bantalan Peluru Rusak , Sehingga Roda Depan Bergerak Bergoyang Juga Mempengaruhi Pengendalian Pengemudian.
3. Oli Seal Bocor , Sehingga Stempet Meleleh Yg Dapat Mempengaruhi Rem Slip .
II. AS DEPAN BENTUK MERDEKA :
Keburukan Pd Model As Depan Bentuk Kaku Dapat Dihidarkan Kontruksinya Dibedakan Atas :
a. AS DEPAN MERDEKA DG PEGAS SPIRAL : Kontruksinya Seperti Bentuk Canggah , Hanya Lengan Atas Dapat Berengsel Dalam Tiga Jurusan, Sehingga Getaran Dapat Di Atasi Sebab Antara Lengan Dan Jembatan dipasang pegas spiral , Untuk Lebih Sempurna Lagi Menahan Getaran Dipasang Shock Breaker. Dari Kesimpulan diatas As Roda Depan Dapat Bergerak Merdeka.
b. AS DEPAN MERDEKA DENGAN PEGAS DAUN : Dari Kesimpulan Diatas Modelnya Bentuk Ini Sama DG Bentuk Memakai Pegas Spiral Hanya Menahan Getarannya Berbentuk Pegas Daun Yg Sipasangkan Antara Jembatan DG Piringan As Depan.
III. AS DEPAN YG MENGGERAKAN KENDARAAN :
Artinya Seluruh Roda Depan Dan Roda Belakang Ditugaskan Menggerakan Kendaraan. DG Demikian Jalannya Kendaraaan Dapat Lebih Sempurna , Model As Depan Yg Menggerakan Kendaraan Terdapat Pd Kendaraan Lapangan , Militer Atau Untuk Keperluan Pd Medan Yg Berlumpur , Kontruksinya Terdiri Atas Dua As Gardan Yg Mana Salah Satu Sebagai Penggerak As Roda Depan.
KONTRUKSI AS RODA
Sebagai Gambaran Dari Kontruksi Dapat diterapkan dibawah ini :
– Tromol
– Sendi lengan kemudi
– Lengan Kemudi
– As Depan Bagian Luar
– Pen – Fuse
– Kelengkapan Hubungan Peluru
As Depan Menggerakkan Kendaraan DG Hubungan Enam Buah Peluru.
– Bantalan Peluru
– Fuse
– As Depan Bagian Luar
– Jembatan Depan
– As Depan Bagian Dalam
– As Depan Bahian Dalam
– Kelengkapan Fuse
– As Depan Menggerakkan Kendaraan DG Hubungan Lima Buah Peluru
AS RODA DEPAN
GANGGUAN AS DEPAN .
Kontruksinya :
– Agar As Depan Mengadakan Jumblah Putaran Yg Berbeda Waktu Mengadakan Sikap Membelok , Dilengkapi Juga DG Diferensial Untuk Roda Depan ( DOUBLE DIFERENSIAL ).
– AS Depan Harus Bebas Terhadap Beban Jadi Hanya Bertugas Memutarkan Roda Depan Saja.
– Tiap Pen Fuse Dipasang Bantalan Peluru Agar AS Roda Dapat Bergerak Ke Kanan Dan Ke Kiri ( Arah Pembelokan ).
Gangguan As Depan Yg Menggerakan Kendaraan :
Disebabkan Kontruksi Model Ini lebih Memerlukan Peralatan yG Lain , seperti Beberapa Buah Bantalan Peluru/Jarum Dan Lain Sebagainya Maka Sangat Diperlukan Perawatan Yg Sangat Insentif , Gangguan Lain yG Sering Terjadi Dari Model Ini Adalah :
1. Pen Fuse Telah Gugus
2. Pemasangan Tutup Bantalan Peluru Tdk Rapat.
3. Bantalan Peluru Dari Naf Roda Rusak.
4. Mur Penahan Dari Bantalan Peluru Dari Naf Longgar.
5. Bantalan Peluru / Jarum Tepah Gugus / Rusak.
RODA PENGGERAK DEPAN.
1. ARM PRIVET BUSHING.
2. PENAHAN DEBU LENGAN PRIVOT.
3. POROS LENGAN SUSPENSI ATAS.
4. BUMPER PEGAS DEPAN NO.2
5. BALL JOINT ATAS ASSY.
6. LENGAN ATAS SUSPENSI SUB ASSY.
7. STERING KNUKLE.
8. PENAHAN GEMUK STEERING KNUCKLE.
9. POROS LENGAN SUSPENSI BAWAH.
10. PLAT PENYETOP BUMPER LENGAN BAWAH.
11. LENGAN SUSPENSI BAWAH SUB ASSY.
12. BALL JOINT.
13. PELINDUNG DEBU BALL JOINT BAWAH.
14. SET RING.
15. PLAT PELINDUNG DEBU BALL JOINT BAWAH.
16. PENAHAN BANTALAN KARET.
17. BANTALAN KARET SHOCK ABSORBER.
18. PENAHAN BANTALAN KARET.
19. BUMPER PEGAS P3DAL NO.1
20. SHOCK ABSORBER.
21. BHUSING STABILIZER.
22. PELINDUNG ENGSEL STABILIZER.
23. STABILIZER LINK.
24. PEGAS SPIRAL (COIL) DEPAN.
25. ISOLATOR PEGAS SPIRAL DEPAN.
26. PENAHAN BANTALAN.
27. LEHER ( COLLAR )
28. BANTALLLAN STABILIZER.
29. BATANG STABILIZER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar