Senin, 21 November 2016

4. PESAWAT KEMUDI

.4. PESAWAT KEMUDI .

FUNGSI : Untuk Mengemudikan Kendaraan Tsb, Sesuai DG Kehendak Pengemudi / Membelokan Roda Roda Depan Ke Kiri Dan Ke Kanan Sehingga Kendaraan Dapat Berjalan DG Benar.
Roda Kemudi Terpasang Pd As Roda Depan Dapat Dibelokan Karena Fuse Fuse Digerakan Oleh Pesawat Kemudi . Sedang Yg Lainnya Secara Tdk langsung DG Perantaraan Spoortang (Batang Jejak).
ADA 2 Macam Pesawat Kemudi
– Pesawat Kemudi Mekanik
– Pesawat Kemudi Servo (Hidrolik)
Syarat” Pesawat Kemudi :
1. Kedudukan Pesawat tsb. Harus Mudah DiCapai oleh Pengemudi.
2. Pengemudi Tdk Merasa Kesal Selama Memegang Kemudi.
3. Roda Harus Biasa Membelok DG Mudah , Walaupun kendaraan Berjalan Lambat
4. Pesawat Kemudi Tdk Dibenarkan Banyak Speling Lebih Dari 10 Derajat
5. Selama Roda Kemudi Diputarkan Harus Dapat Dikembalikan Secara Otomatis.
6. Roda” Depan Tdk Boleh Semi,Sehingga Mempengaruhi Pd Jalannya Kendaraan.
Bentuk Kemudi Beberapa Macam , Antara Lain :
1. Kemudi Bentuk Cacing Dan Juring.
2. Kenudi Bentuk Cacing Dan Roda gigi.
3. Kemudi Bentuk Cacing Dan Juring Beroda.
4. Kemudi Cacing Dan Juring Penghubung.
Pesawat Kemudi Mekanik :
Pd Pesawat Kemudi Mekanik Terdiri Dari 2 Buah As Yg Bersilangan. AS Yg Pertama Langsung Diputarkan Oleh Kemudi. Untuk Memudahkan Pemutarannya Dilengkapi DG Sebuah Roda Yg Disebut Roda Kemudi. As Yg Pertama Bertugas Memutarkan As Kedua , Selanjutnya As Kedua Menggerakkan Roda Depan Memakai Beberapa Tuas Tertentu. Hubungan Cacing Dan Juring TDK Di Perkanakan Terlampau rapat Atau Terlalu Renggang.
PENYETELAN KEDUDUKAN KEMUDI
Untuk Mendapatkan Hubungan Yg Tepat Pd Pesawat Kemudi Diadakan Penyetelan Sbb
1. Penyetelan Ke didudukan Cacing (As Kemudi)
Bagian Penyetelan Adlh Tutup Rumah Pesawat Kemudian DG Menambah Atau Mengurangi Plat Shim Yg Terdapat Pd Tutupnya. Adakalanya Penyetelan Pd Kolom Kemudi Yg Terpasang Pd Rumah Pesawat Kemudi Yg Dibantu DG Ulir Sekrup (Drad) DG Jalan Memutarkan Kolom Kemudi Kesisi Kiri/Kanan. Keadaan Putaran Dan Speling (Kekoclakan) As Kemudi Dapat Di Atur (lihat gmbar)
Mur Pengunci.
Rumah Kemudi.
2. Penyetelan Kedudukan Juring (As Juring).
As Juring Harus Dipasang Sedemikian Rupa Sehingga Tdk Longgar (Koclak) Bantalan Perunggu Yg Dipasang Pd Rumah Pesawat Kemudi Harus Diganti DG Yg Baru. Untuk Menghilangkan Gerakkan Aksial As Juring Disediakan Baut Penyetel Yg Dipasang Pd Sisi Rumah Pesawat Kemudi. DG adanya Baut Penyetelan Ini Gerakan Aksial Dari As Juring Dapat Segera Hilang ( Lihat Gambar )
Cacing.
Rumah As Juring.
As Juring.
PEYETELAN KEMUDI
3. PENYETELAN ANTARA CACING DAN JURING.
Untuk mendapatkan penyetelan ini maka dibuatlah sedemikian rupa sehingga juring dapat mendekatkan atau menjauhkan dirinya dari kedudukkan juring untuk penyetelan pada pesawat kemudi harus dilakukan secara teratur antara penyetelan cacing dengan juringnya.
PENYETELAN PADA KENDARAAN
Penyetelan di atas adalah penyetelan yang dilakukan diluar kendaraan, artinya pesawat kemudi di stel terlepas dari kedudukkannya.
CARA PENYETELAN PADA KENDARAAN :
Usahakan Pesawat Kemudi Dipasang Pd Rangka Kendaraan DG Baik Dan Kokoh Pd Kedudukannya, Selanjutnya Roda Depan Harus Dalam Keadaan Lurus. Untuk Mengindahkan Berpindahnya Roda Depan, Maka Harus Diinjak Pedal Rem . Hitunglah Jumblah Putaran Roda Kemudinya, Lalu Dibagi Dua , Berarti Kedudukan Juring Berada Ditengah” Cacing. Kemudian Bersenyawa Pd Fuse.
BATANG KEMUDI :
Batang Kemudi Adlh Suatu Tuas Yg Terdapat Diantara Lengan Pittman DG Lengan Kemudi (lht Gbr)
Ujung Batang Kemudi Memegang Suatu Peluru Yg Bersenyawa Pd lengan Pittman Dan Lengan Kemudi. Peluru” itu Sisebut Sendi Peluru. Hubungan Sendi Peluru Pd Batang Kemudi Harus Dibuat Sedemikian Rupa Agar Dapat Mengengsel DG Baik , Tdk Terlampau Berat Maupun Terlampau Ringan. Batang Kemudi Memegang Sendi Peluru DG Memakai 2 Batang Pinggan. Pinggan Ini Disebut Pinggan Peluru.
KONTRUKSI KEMUDI MEKANIK.
Untuk Menjamin Agar Pinggang Dapat Memegang Sendi Peluru DG Baik Maka Dilengkapi DG Pegas . Setelah Seluruh Bagian DiAtas Tepasang DG Baik Atau Ditahan DG Memakai Sebuah Mur Dalam itu Diputarkan Sehinggga Dapat Berputar Dan Diberi Split Berbelah Dua.
DG Adanya Batang Kemudi YG Dapat Mengengsel Pd Lengan Pittman Dan Lengan Kemudi , Walaupun Roda Roda DG Berputar Pd Jalan Yg TDK Rata , Tdk Akan Terjadi Getaran Yg Mempengaruhi Pesawat Kemudi.
PESAWAT KEMUDI MEKANIK KONTRUKSI CACING DAN JURING.
Pesawat Kemudi Terdiri As Pertama (As kemudi) Yg Ujung”nyq Dilengkapi DG Cacing Dan Roda Kemudi. Diantara Tutup Rumah Kemudi Dan Penahan As Kemudi Terdapat Plat” Baja Tipis Yg Disebut Plat” Hitam Yg Berfungsi Mengurangi Kekoclakan As Kemudi Dibuat Dari Kertas Kulit Yg Cukup Keras.
As Kemudi Diselumbungi Oleh Sebuah Pipa Yg Terpasang Kepada Rumah Kemudi. Pipa Tersebut Disebut Kolom kemudi. AS ke dua Disebut As Juring. DIujung lainnya Terdapat Alur Terdapat Dudukkan Pittman. Pittman ini Dihubungkan Pd Lengan Kemudi Yg Bersenyawa DG Fuse Dan Lengan Fuse Serta Batang Kemudi . As Juring Duduk didalam Rumah Pesawat Kemudi DG Memakai 2 Buah Bantalan Perunggu. Bila Roda Kemudi Diputarkan Ke Kiri/Kanan Maka Cacing Akan Menggerakkan
Lengan Kemudi Yg Bersenyawa Pd Fuse Dan Akhirnya Roda Roda Depan Dapat Digerakkan.
KONTRUKSI DAN GANGGUAN.
KONTRUKSI DAN GANGGUAN.
PESAWAT KEMUDI :
1. Rumah Gigi Kemudi.
2. Tutup Ujung Poros Sektor.
3. Gasket Tutup Ujung.
4. Bushing Dari Bimetal.
5. Rumah Gigi kemudi.
6. Oil Seal Type (S).
7. Breather Prug.
8. Bantalan.
9. Roda Cacing Assy.
10. Oil Seal Type (T)
11. Ring O.
12 Mur Penyetel Bantalan Gigi Cacing.
13. Mur Pengunci.
14. Thust Washer Poros Sektor.
15. Mur Penyetel Poros Engkol.
16. Poros Sektor Kemudi.
Pesawat Kemudi Beserta Kelengkapannya Seperti : As Depan Dan Roda Depan Harus Mendapatkan Pelumasan Yg Teratur. PELUMAS YG digunakan S.A.E. 140 atau 120 Kadang dicampur DG Stempet.
GANGGUAN” PESAWAT KEMUDI :
Berat Dikemudikan Ketika Kendaraan Dibelokan :
a. Ban Kempes ( Ban Harus Dipompa ).
b. As Depan Bengkok ( As Depan Dibongkar Dan Diluruskan).
c. Kesalahan Pd Sikap Roda TOE – IN Dan Caster (Diperiksa Dan Disetel Kembali).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar