Jumat, 02 Desember 2016

( TANDA TANDA KERUSAKAN MESIN ) DAN KEMUNGKINAN KERUSAKAN KOMPONEN

( TANDA TANDA KERUSAKAN MESIN ) DAN KEMUNGKINAN KERUSAKAN KOMPONEN

1.CEKET / MACET : MESIN KALAU TDK DAPAT BERPUTAR
PENYEBAB :
A. PELUMAS HABIS KOSONG
* BOCOR*
* TERBAKAR*

B. PELUMAS TDK MENGALIR
   * SARINGAN MAMPET
   * POMPA OLI RUSAK

# PERBAIKAN #
1. PASTIKAN PENYEBAB MESIN / PASTI MESIN MACET
2. LAKUKAN SERVICE FULL OVER HOULE
 a. OVER SIZE / OVER BOS
 b. UNDER SIZE
 c. GANTI PACKING DAN SEAL FUELL SEAT
 d. GANTI KOMPONEN KOMPONEN YG LAIN YG RUSAK

*PENYEBAB AKIBAT*
OLI MESIN TERBAKAR  : RUANG BAKAR

DARI MANA OLI MASUK KE RUANG BAKAR  ?
A. DARI KEPALA SILINDER MELALUI
   * SEAL KATUP : GANTI SEAL
   * BOS KATUP  : GANTI BOS , T.B.
   * PACKING KEPALA SILINDER : GANTI PACKING

B. DARI BLOK MESIN MELALUI CELA
    ANTARA PISTON DAN SILINDER YG TDK BISA TERKIKIS OLEH : RING OLI
  INI TERJADI AKIBAT .
1. SILINDER AUS : OVER SIZE
2. RING OVER HOT / PANAS : GANTI RING  ( RING OLI )
3. PISTON AUS : GANTI PISTON

KET .  1. JIKA CELAH PISTON DG SILINDER BAGUS
             =  CELA UJUNG RING > 0,20 MM  ( JELEK )
          BERARTI YANG RUSAK ADALAH RING PISTON

BERARTI YANG RUSAK DI ? SILINDER OVER SIZE

RING 0,75

PERBAIKAN :
LAKUKAN SERVICE FULL OVER HOULE DENGAN SASARAN ANALYSA :
1. SEAL KATUP
2. BOS KATUP
3. PACKING KEPALA SILINDER
4. SILINDER ( OVER SIZE )  
5. PISTON ( OVER SIZE )
6. RING ( OVER SIZE )


(3)
ASAP HITAM YANG TIDAK BISA DIATASI DG ( TUNE UP )
    PENYEBAB :
PEMBAKARAN TDK SEMPURNA AKIBAT KEBOCORAN KOMPRESI
KEMUNGKINAN KERUSAKAN KOMPONEN
 A. DI KEPALA SILINDER
1. KATUP
2. SITTING KATUP
3. PACKING KEPALA SILINDER

B. DI BLOK MESIN
   1. SILINDER
   2. PISTON
   3. RING PISTON
( RING KOMPONEN )


(4)
SUARA RIBUT
    PENYEBAB ?
INI AKIBAT CELAH CELAH KOMPONEN SUDAH MELEBIHI BATAS MAXIMAL (LONGGAR)
*KEMUNGKINAN KERUSAKAN KOMPONEN*
1. ROCKER ARM
2. PIN PISTON
3. NOKEN AS DAN BOS
4. KRUK AS DAN METAL DUDUK
5. KRUK AS DAN METAL JALAN
6. KRUK AS DAN METAL BULAN
7. SISTEM DISTRIBUSI
KET.
UNTUK MENGATASI SECARA PASTI BAGIAN YG BERSUARA .
1. PASTIKAN ARAH SUARA / SUMBER SUARA
2.PASTIKAN KOMPONEN YG RUSAK


(5)
OVER HEATING  ( PANAS BERLEBIHAN )
INI TERJADI AKIBAT :
DARI SISTEM PENDINGIN TDK MAMPU MENGONTROL SUATU MESIN DALAM SUATU IDEAL
ADA 2 KEMUNGKINAN :
1. KERUSAKAN SISTEM PENDINGIN
2. KERUSAKAN KOMPONEN MESIN

SISTEM PENDINGIN MOBIL ADALAH GABUNGAN ANTARA PENDINGIN AIR DAN UDARA
KET .
SUHU DI BAWAH 80 DERAJAT (AIR MENGALIR)
KET.
JIKA TERJADI # OVER HEATING SAMPAI MESIN MATI MAKA PERIKSA DAN PASTIKAN KONDISINYA BAIK.

1. TUTUP RADIATOR , SEBAGAI PENUTUP DAN PENGANTAR AIR
2. RADIATOR  ( TERSUMBAT / KOTOR / BOCOR )
3. THERMOSTATE ( DI INDOSNESIA ITU DILEPAS )
4. VAN / KIPAS DAN ARAH UDARA

KET.
UNTUK MODEL ELECTRIK
SUHU DIBAWAH 80 DERAJAT AIR MENGALIR DARI RADIATOR , WATER MANTEL ,THERMOSTAR, , SALURAN BY PAS , DI BALIKAN OLEH WATER PUMP.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar