Jumat, 02 Desember 2016

OVER HOULE

OVER HOULE

TURUN MESIN MAKSUD DAN TUJUAN ADALAH PERAWATAN / PERBAIKAN KEPADA KOMPONEN KOMPONEN MESIN.

TURUN MESIN (OVER HOULE)

ALASAN OVER HOULE
* MACET KEHABISAN OLI
* ASAP HITAM YANG TIDAK TERATASI OLEH TUNE UP
* SUARA RIBUT
* ASAP PUTIH
* OVER HEATING ( PANAS BERLEBIHAN )
* OLI BERCAMPUR AIR
* PAKTOR XTERNAL

MACAM MACAM OVER HOULE
A. FULL OVER HOULE
B. SEMI OVER HOULE

FULL OVER HOULE : TURUN MESIN SEMUA
* KEPALA SILINDER
* BLOK MESIN

TOP OVER HOULE : HANYA BAGIAN KEPALA SILINDER SAJA

KOMPONEN KOMPONEN MESIN
A. KOMPONEN TIDAK BERGERAK
B. KOMPONEN BERGERAK

A.  KOMPONEN KOMPONEN TIDAK BERGERAK
1* CYLINDER HEAD
   -  KEPALA SILINDER
   -  SILINDER CUP
2* BLOK MOTOR / BLOK MESIN / BLOK SILINDER
3* CARTER

B. KOMPONEN KOMPONEN BERGERAK
1. KATUP DAN KETENG KELENGKAPANNYA
2. ROCKER ARM  +AS
3. NOKEN AS / CAMSHAFT
4. KRUK AS / POROS ENGKOL / KRANK SHAFT
5. CONECTING ROD / SETANG SEHER
6. PISTON TORAK / ZUIGER
7. SISTIM DISTRIBUSI / TIMING /HUB TOP

ANT A1.
KEPALA SILINDER
* KETENTUAN MEMBUKA BAUD KEPALA SILINDER
1. MESIN HARUS DINGIN
2. MEMBUKA BAUD HARUS
* MENYILANG DARI SISI KE DALAM
* BERTAHAP

* KETENTUAN MEMASANG BAUD KE SILINDER
1. MENYILANG DARI DALAM / TANGAN KE SISI / LUAR
2. BERTAHAP
3. KEKENCANGAN BAUD HARUS SAMA UKURAN UKUR DENGAN KUNCI MOMENNYA


KEPALA SILINDER

A.1

SASARAN ANALYSA
1. BIDANG PERAPAT HARUS PENGGARIS BAJA LURUS = BATAS LENTING MAX 0,08 MM : SLEEP DI TUKANG BUBUT
2. RUANG BAKAR HARUS BERSIH : BERSIHKAN
3. SALURAN AIR DAN OLI : BERSIHKAN
4. SITTING KATUP HARUS BAGUS
* TEBAL
* TIDAK CACAT
* KEMIRINGAN 45 DERAJAT
GANTI SITING DI TUKANG BUBUT

5. SALURAN IN /EX MANYFUL : BERSIHKAN
6. PASTIKAN BAUD . LUBANG BAUD . DRAT BUSI BAGUS
PERBAIKI DI TUKANG BUBUT.
7. BOS KATUP HARUS BAGUS : GANTI BOS DI TUKANG BUBUT
8. SEMUA SEAL DAN PACKING HARUS DI GANTI

PENJELASAN.

PENTING..!
RUANG BAKAR DIBERSIHKAN DG APA SAJA

OVER HOULE KEMBALI KE SISTEM AWALNYA.

* DALAM KEPALA SILINDER TERDAPAT LUBANG
WATER MANTEL
LUBANG OLI

5. SALURAN IN MASUK
DARI KARBURATOR
EX KELUAR DARI MANIFUL
A. BOS KATUP  1/1000 MM
CARA MENGETESNYA HARUS ADA ISAPAN DALAM POSISI PRESS.

4. PASTIKAN BAUD DAN LUBANG BAUD ( BAGUS )

A3. CARTER / BAK OLI
 PASTIKAN BIDANG PERAPAT LURUS
 * MEMBUKA BAUD BERTAHAP DAN MENYILANG DARI DARI SISI KE TENGAH
* MEMASANG BAUD BERTAHAP DAN MENYILANG DARI TENGAH KE SISI
* BAUD PEMBUANGAN OLI HARUS MENGANDUNG MAGNET

BLOK MOTOR

A.2

BLOK MOTOR / BLOK MESIN /
*SASARAN ANALYSA*

1. SALURAN AIR ( WATER MATEL ) : BERSIHKAN
2. SALURAN OLI : BERSIHKAN
3. SILINDER LINER
; TIDAK BOLE AUS
; TIDAK BOLE CACAT
; CELAH LINER DENGAN PISTON MIN 0,03 MAX 0,08 MM
KET . JIKA LINER RUSAK PERBAIKI DI TUKANG BUBUT

UKURAN LINER ;
1. UKURAN AWAL ; STAND / STD
2. OVER SIZE ; 0,025 MM
3. OVER SIZE ; 0, 50 MM
4. OVER SIZE ; 0, 75 MM
5. OVER SIZE ; 1, 00 MM
6. OVER SIZE ; 1,25 MM
7. OVER SIZE ; 1,50 MM

* JIKA LINER DI KHORTER MAKA PISTON DAN RING PISTON = HARUS DIGANTI
* (KHORTER) + GANTI PISTON + RING PISTON GANTI DI SEBUT OVER SIZE
* JIKA OVER SIZE SUDAH MENCAPAI UKURAN (1,50 MM) = PERBAIKAN SELANJUTNYA LINER DIGANTI DENGAN UKURAN STANDAR / STD ( OVER BOS )

* PASTIKAN BAUD DAN LUBANG BAUD BAGUS
a3. CARTER / BAK OLI
PASTIKAN BIDANG PERAPAT LURUS
MEMBUKA BAUD BERTAHAP DAN MENYILANG DARI SISI KE TENGAH
MEMASANG BAUD BERTAHAP DAN MENYILANG DARI TENGA KE SISI
BAUD PEMBUANGAN OLI HARUS MENGANDUNG MAGNET

BAGIAN YANG HARUS DIPERIKSA

B1.

KATUP DAN KELENGKAPANNYA
* BAGIAN YANG HARUS DI PERIKSA *
1. BATANG KATUP HARUS LURUS .
2. BAUT KATUP HARUS TEBAL
3. BIDANG PERAPAT TIDAKBOLE CACAT (KEMIRINGAN 45 DERAJAT)

D. PEGAS KATUP HARUS RATA

E. SEAL KATUP GANTI

B2.

ROKER, ARM ( PELATUK )
* PASTIKAN BOS BAGUS .
- GANTI BOS KE T.B.B
- GANTI ROCKER ARM

* PASTIKAN BIDANG PENEKAN KE KATUP RATA
- RATAKAN (GERINDA)
- GANTI
*PASTIKAN AS RATA ( BAGUS ) SALURAN OLI BAGUS

B3.

NOKEN AS / CAM SHAFT
FUNGSI PENGGERAK UTAMA KATUP
* BAGIAN YANG HARUS DI ANALYSA :
A. AS UTAMA DG BOS : TDK BOLE LONGGAR .
- PERBAIKI TUKANG BUBUT ( SLEP / UNDER SIZE )
AS DI PERKECIL + BOS DIPERTEBAL .
- TAHAPAN UNDER SIZE SAMA DENGAN OVER SIZE
B. NOK / CAM : TIDAK BOLE CACAT
C. GIGI PENGGERAK DISTRIBUTOR HARUS BAGUS

B4.

KRUK AS / KRANK SHAFT / POROS ENGKOL
* FUNGSI MERUBAH GERAK NAIK TURUN PISTON MENJADI GERAK PUTAR
BAGIAN YANG HARUS DI ANALYSA :
A. AS UTAMA DG METAL DUDUK = TIDAK BOLE MACET / LONGGAR
B. AS ENGKOL DENGAN METAL JALAN = TIDAK BOLE MACET / LONGGAR
C. TIDAK BOLE ADA GERAKAN MAJU MUNDUR GANTI GANTI SPIZER ( METAL BULAN)
KET. JIKA TERJADI KERUSAKAN PADA AS UTAMA / AS ENGKOL , AS HARUS DI SLEP (UNDER SIZE)

B5.

CONECTING ROD / BATANG PISTON / SETANG SEHER
FUNGSI MENGHUBUNGKAN GERAKAN PISTON KE KRUK AS
A. BAGIAN YANG PERLU DI ANALYSA :
BOS PIN PISTON TIDAK BOLE LONGGAR : GANTI BOS KE T.B.B
B. BIG END  (BATANG BAWAH)
DUDUKAN METAL JALAN
PASTIKAN METAL BAGUS
C. KESELURUHAN BATANG : LURUSKAN KE T.B.B

B6.

PISTON / TORAK / ZUIGER
BAGIAN YANG HARUS DI ANALYSA :
1. a. BIDANG GESEK TIDAK BOLE CACAT : GANTI PISTON
    b. LUBANG PIN TIDAK BOLE AUS : GANTI PISTON
    c. CELAH DI DALAM SILINDER MIN 0,03 MM , MAX 0,2O MM
2. a. CELAH UJUNG RING DI DALAM SILINDER MIN 0,03 MM MAX 0,20 MM
    b. CELA UJUNG RING TIDAK BOLE SEJAJAR
    c. PEMASANGAN RING TIDAK BOLE TERBALIK ATAU TERTUKAR

B7.

SISTEM DISTRIBUSI / HUB TOP / TIMING
ALAT YANG MENGHUBUNGKAN KRUK AS DG NOKEN AS
UNTUK MENGATUR KERJA PISTON DENGAN KATUP , SEHINGGA TERJADI KESELARASAN GERAK ANTARA PISTON DENGAN KATUP DAN TERJADILAH LANGKAH LANGKAH : MESIN YANG SEMPURNA
* ISI
* COMPRESI
* TENAGA
* BUANG

MACAM 2 SISTEM DISTRIBUSI
1. TIMING BELT = DISTRIBUSI / HUB TOP MENGGUNAKAN KARET
2. TIMING CHANT = DISTRIBUSI / HUB TOP MENGGUNAKAN RANTAI KETENG
3. TIMING GEAR = DISTRIBUSI / HUB TOP MENGGUNAKAN GIGI

URUTAN MEMASANG DISTRIBUSI
1. POSISI PISON NO 1 HARUS DI TMA
2. POSISI NOKEN AS HARUS O DERAJAT
3. PASANGKAN BELT , CHANT , GEAR
PASTIKAN TANDA TOP / TANDA PEMASANGAN SEJAJAR
4. UNTUK MODEL RANTAI DAN KARET PASTIKAN KENCANG
5. CEK ULANG.

TIMING BELT ( KOMPONEN UTAMA )
1. TIMING BELT
2. GIGI NOKEN AS
3. GIGI KRUK AS
4. TENSIONER ROLLER / PENGENCANG BELT
PERHATIKAN : PASTIKAN SEMUA KOMPONEN BAGUS
: PENGGUNAAN MAX TIMING BELT  +50,000 KM.

TIMING CHANT ( KOMPONEN UTAMA )
1. RANTAI KETENG
2. GIGI KRUK AS
3. GIGI NOKEN AS
4. TENSIONER
PASTIKAN SEMUA KOMPONEN BAGUS
: PENGGUNAAN MAX RANTAI + 100.000 KM

TIMIMG GEAR
KOMPONEN UTAMA
A. MOBIL BENSIN
1. GIGI , KRUK AS
2. GIGI , NOKEN AS

B. MOBIL DIESEL
1. GIGI KRUK AS
2. GIGI NOKEN AS
3. GIGI IDEL / PENGHUBUNG
4. GIGI INJEKTOR
PASTIKAN SEMUA KOMPONEN BAGUS PENGGUNAAN
MAX . GIGI + 150.000 KM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar