Rabu, 14 Desember 2016

BLK

Saya disini mau berbagi pengalaman saya tes di BLK yang tepatnya BBPLK atau Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja pada tahun 2016. BBPLK adalah pelatihan untuk menjadi Teknisi ahli diberbagai macam kejuruan seperti Mesin Industri, Las Industri, Elektronika Industri, dan Mekatronik selama 2 Tahun lamanya. Untuk masuk kesini harus seleksi Administrasi, Tes Tulis, Tes Cek Fisik, Tes Wawancara, dan Tes Fisik. Berikut penjelasan dari tahapan – tahapan tes, tahapan tes di BBPLK ini bukan sistem gugur untuk setiap tesnya jadi kita mengikuti semua tes selama tiga hari berturut – turut kecuali Medical Check Up karena itu sesudah pengumuman dan Medical Check Up ini kita bayar sendiri.


1.  Seleksi Administrasi

Pertama – tama pastinya seleksi administrasi, dibagian ini kita harus mengumpulkan berbagai data diri Ijazah, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Sehat, SKCK, Surat Pernyataan, Rapor semester 1 s/d 5. Dan untuk bagian lainya seperti tinggi badan minimal 160 cm, tidak bertindik & bertatto, belum menikah.

2.  Tes Tulis

Untuk bagian tes tulis meliputi 3 Matematika, B. Inggris, dan Logika :
Matematika       :  Bagian-bagian matematika ini ada tes pecahan, rumus balok kubus segitiga dll, perbandingan, Trigonometri, Matriks, Sistem persama linier dua variabel dan masih ada beberapa yanggak bisa saya sebutkan disini

B.Inggris          :  Untuk bagian bahasa inggris lebih baik pelajari 16 rumus grammar dasar karena banyak sekali soal seperti ini dibagian bahasi inggris karena soal-soal yang kebanyak soal cerita yang bakalan ditanya “siap mengirim surat?, dimana dia pada hari itu?” ya… seperti itulah kalau soal cerita.Tapi kita harus lebih teliti dalam setiap membaca dan menjawab soalnya karena ada grammar masa lalu, masa kini, dan masa depan.
Logika            :   Tes logika meliputi soal cerita dan tes gambar seperti sbm lah kalau dikira – kira. Tapi dibagian soal logika ini enggak akan ada hitungan-hitungan yang sulit, paling hanya matematika operasi yang membutuhkan ketelitian dan konsenstrasi yang tinggi.3.  Tes Cek Fisik

Cek Fisik atau bentuk badan ini untuk membuktikan surat keterangan sehat dan tidak cacat yang kita taruh diseleksi administrasi. Untuk pengecekannya hanya disuruh buka baju lalu di cek tinggi badan, cek bentuk badan, cek bertatto dan bertindik atau tidak, tes mata (buta warna).

4.  Tes Wawancara

Untuk tes wawancara kita, seperti biasa seperti wawancara – wawancara kerja diperusahaan lain. Ditanya data diri, tempat tinggal, lulusan mana, pekerjaan orang tua. Nah untuk jenis pertanyaan lainnya bisa dilihat di Pertanyaan - pertanyaan Ketika Wawancara Kerja. Lalu dibagian tes wawancara diberikan satu soal penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian pecahan.

5.  Tes Fisik

Dites fisik harus memakai baju olahraga lengan panjang dan celana panjang oleh panitia seleksi. Tes meliputi Tes lari 4 keliling sekitar lapangan bola, tes push up sebanyak 25 kali, dan tes sit up sebanyak 20 kali. Saran dari saya jangan keliatan kelelahan di tes ini, karena jika kelihatan kelelahan pasti akan di Stop sama panitia seleksi.

Setelah mengikuti Tes – tes di BBPLK, hasil pengumuman di umumkan tiga – enam hari setelah tes. Biasanya di umumkan di Facebook BBPLK dan di Kios3in1. Untuk yang lulus akan mengikut Medical Check Up. Jika ingin tanya yang lainnya silahkan post – kan komentar, pasti saya jawab kok! 

Mungkin sampai sini yang dapat saya tulis dan post hari ini, Hal – hal diatas sangatlah harus diperhatikan semuanya. Saya rasa dengan adanya artikel ini dapat membantu anda mengenai dunia kerja dan silahkan membaca artikel lainnya untuk mengetahui beberapa panduan tentang dunia kerja serta nantikan artikel selanjutnya dari sternaj.blogspot.com

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel Pengalaman Tes di BBPLK 2016. Anda tidak diperbolehkan untuk meng copy – paste atau menyalin isi dan keseluruhan konten di sternaj.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar